Membuat Undangan dengan Mail Merge di Microsoft Office

Apakah anda biasa membuat undangan? Tentu sangat melelahkan jika jumlah undangannya banyak anda mengetiknya satu per satu. Dengan Mail Merge anda akan lebih mudah membuat daftar yang ingin anda undang.

Untuk membuat Mail Merge, ada dua hal yang perlu anda ketahui.

  • Dokumen MasterĀ merupakan dokumen yang isinya sama untuk semua penerima.
  • Data SourceĀ merupakan dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima. Data Source bisa berupa excel, access dan lain sebagainya, namun saya akan memberikan pemaparan tentang menggunakan Data Source Excel.

Alasan saya menggunakan Excel adalah sebagai berikut :

  • Lebih mudah menggontrol dan menambahkan data baru;
  • Lebih mudah membaca data; dan
  • Lebih mudah untuk menyalin data source pada dokumen Excel dan Lembar kerja yang lain.

Langkah Pertama silahkan anda buat dokumen masternya di microsoft Office Word. Untuk lebih mempermudah, perhatikan contoh dokumen master pada gambar dibawah ini.

Langkah kedua, Buatlah Data Source di Microsof Office Excel Ketikkan Nama dan Alamat Orang yang ingin anda undang. Untuk lebih mempermudah, perhatikan gambar dibawah ini.

Jika sudah, silahkan simpan Data Source anda. Ingat dimana anda menyimpannya, karena sebentar, ini akan digunakan. Jika sudah kembali Buka Dokumen Master Anda, yang anda buat di Microsoft Office Word.

Langkah ke Tiga Klik Maillings => Select Recipients => Use Existing List.

Pilihlah Data Souce yang telah anda buat di excel kemudian klik Open. Karena saya membuatnya di Sheet 1$ maka klik Sheet 1$

Langkah ke empat Klik Insert Merge Field, letakan Nama dan Alamat yang anda buat di data source, susuaikan sesuai keinginan anda, sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini.

Langkah Berikutnya silahkan klik Preview Results, dan lihatlah hasilnya.

Sekian pemaran dari saya. Terimakasih telah membaca artikel saya, semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*