Mengenal Jenis Software dan Fungsinya

Apa yang dimaksud dengan software?

Software merupakan Perangkat Lunak Pada Komputer, yang terdiri dari Sistem Operasi dan Aplikasi lainnya. Software dapat di definisikan bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program yang dapat mengerti dan menjalankan suatu perintah.

Menurut Roger S. Pressman (2002), Pengertian Software adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila di eksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh usernya. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user.

Pada dasarnya fungsi dari software (Perangkat Lunak) adalah untuk menjalankan perintah dari user. Terkait penjelasan diatas, adapun berbagai fungsi software (Perangkat Lunak) adalah sebagai berikut.

  1. Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat di Operasikan.
  2. Mengatur setiap perangkat keras (hadware) pada komputer sehingga dapat bekerja pada waktu yang bersamaan dan tidak saling menunggu.
  3. Menjadi penghubung antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hadware).
  4. Menjadi penerjemah suatu perintah perangkat lunak lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh perangkat keras (hadware)
  5. Mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.

Perangkat Lunak (Software) dapat diartikan nyawa pada komputer. Walaupun Fungsi Utama Software adalah sebagai penghubung antara perangkat keras (hadware) dengan User, pada penggunaan perangkat lunak ternyata terbagi dari beberapa jenis. Adapun Klasifikasi Software adalah sebagai berikut :

SOFTWARE BERDASARKAN JENISNYA

  1. Operating System (Sistem Operasi) yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh sistem operasi adalah Windows, Linux dan Mac.
  2. Programming Language (Bahasa Program) yaitu perangkat Lunak yang berfungsi sebagai pemberi intruksi standar yang melibatkan sintak yang digunakan untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer. Beberapa Contoh Bahasa Program adalah Java, Delphi, Visual Basic, C++, PHP, Algoritma Pemrograman dll.
  3. Application Program (Program Aplikasi), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft/Libre Office, Winamp/Audacious, VLC dll.

SOFTWARE BERDASARKAN DISTRIBUSINYA

  1. Freeware merupakan perangkat lunak (software) yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu.
  2. Adware merupakan perangkat lunak (software) yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul pada di komputer user.
  3. Spyware merupakan perangkat lunak (software) yang dibuat khusus untuk memata-matai segala aktivitas pengguna komputer. Biasanya perangkat lunak seperti ini yang sering disalahgunakan untuk kegiatan yang merugikan orang lain, seperti mencuri data dari komputer lain.
  4. OpenSource merupakan perangkat lunak (software) yang sumbernya bisa dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan dan disebarluaskan.
  5. Shareware merupakan perangkat lunak (software) untuk keperluan tertentu, yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demontrasi dengan fitur terbatas.

Untuk mengetahui beberapa jenis Perangkat Lunak (Software) beserta fungsinya, anda bisa melihatnya disini.

Demikian penjelasan saya tentang Perangkat Lunak (Software), semoga bermanfaat. Kunjungi selalu www.astike.com dan ikuti terus perkembangannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*